Tidak ada seorang pun yang masuk ke dalam air, kecuali akan terpapar basahnya. Ahli Hikam mengatakan, “waliannal-mā-a lā yaqdiru ahadun an yadkhulahu wa lā yabtalla”, karena sesungguhnya air itu, tidak ada yang sanggup memasukinya dan tidak basah. Sedikit atau banyak, terpercik atau kunyup, pasti tersimbah basah. Demikian juga hidup di dunia, tidak ada yang selamat dari fitnah dan penderitaannya.

Perumpamaan yang indah tentang air untuk kehidupan. Dinukil Imam Al-Qurthubi untuk juga menjelaskan QS. Al-Kahfi [18]: 45. Pelajaran yang syarat hikmah untuk dijadikan panduan mengarungi kehidupan.

Ujian dalam hidup adalah keniscayaan. Fitnah datang untuk menakar kekuatan. Penderitaan adalah tempaan daya tahan. Bertahanlah! Hadapi jangan menghindar! Jalani, jangan lari dari perjuangan! Menghindari kesulitan sama dengan membuang kunci kemudahan. Menjauhi tantangan sama dengan melepaskan kesuksesan.

In sya Allah, in sya Allah ada jalannya….

__________

Prodi BKPI STAI Persis Garut membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk sama-sama belajar seni menghadapi tantangan dan ujian kehidupan.
__________

https://instagram.com/bkpi_staipigarut?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

https://instagram.com/uptlp_staipi?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

Leave a Comment