Sabtu, 24 Juni 2023, Dr. Daris Tamin, M.Pd. menyampaikan orasi ilmiah pada acara HIWAR (Haflah Imtihan dan Wisuda Akbar) PPI 104 Rancapandan Cikajang Kab. Garut. Tema yang diusung tentang peran lembaga pendidikan Islam dalam genarasi Islami di era digitalisasi dan modernisasi.

Sebagai seorang akademisi, peneliti, dan juga konsultan pendidikan Islam, Dr. Daris menyampaikan data-data hasil penelitian tentang fenomena pelajar di era digital. Banyak hal yang dianggap mengkhawatirkan, terutama perilaku pelajar pasca pandemi Covid 19. Dikatakannya, bahwa fenomena tersebut menjadi tantangan bagi para pengelola lembaga pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Daris juga menyampaikan pengalamannya selama menjadi guru dan kepala sekolah di sekolah Islam terpadu. Selain itu, beliau juga menyampaikan strategi pengembangan sekolah-sekolah Islam, terutama yang berada di bawah naungan Ormas Islam PERSIS.

Para orang tua yang hadir pada Wisuda Akbar tersebut mendapatkan apresiasi, bahwa mereka sudah tepat memilih sekolah. PPI 104 Rancapandan adalah lembaga pendidikan Islam yang dikembangkan dengan ruh perjuangan. Pada perintis, pendahulu, pengelola dan pendidiknya saat ini paham arah untuk mengantarkan para putra-putri mereka sesuai harapan.

Terakhir, Dr. Daris juga menyampaikan pesan kepada para pemangku kebijakan dan pengajar di PPI 104 Rancapandan, bahwa sebagai pendidik pejuang butuh daya tahan dan kesabaran. Selain itu, keteladanan harus dikedepankan agar para santri memiliki acuan dalam meniti masa depan.

Leave a Comment