Megalomania adalah sindrom pada diri seseorang yang merasa paling hebat melebihi yang lain. Paling kuat yang lain lemah. Paling mulia yang lain hina. Keyakinannya, dia manusia superior. Berhak mendominasi yang lain.

Pada tingkat yang lebih parah, seseorang yang tidak mampu mengendalikan ilusi superioritas dalam dirinya, ada yang mengaku memiliki remote control untuk mengendalikan kehidupan orang lain. Ada pula yang mengaku titisan tuhan untuk menjaga stabilitas alam. Waham grandiose, merasa diri punya kekuatan khusus telah mencengkram jiwanya.

Sebenarnya manusia diciptakan lemah. Ada Pencipta dan Penguasa alam semesta. Ada The Great Power yang mengendalikan semua yang ada, yang nampak dan yang tersembunyi. Tidak ada manusia super hebat di dunia ini, kecuali yang diberikan keutamaan oleh Sang Penguasa jagat raya, Yang Mahagagah, Mahaperkasa, Mahamulia karena kekuatannya. Dia-lah Allah Al-‘Aziz.

Keimanan kepada Al-‘Aziz dapat menumbuhkan sikap berani. Tidak silau dengan kemuliaan semu di dunia. Ketaatan kepada Al-‘Aziz adalah kunci kemuliaan dan pencegah dari keterjerumusan pada kemaksiatan. Keyakinan pada Al-‘Aziz mengalirkan kekuatan kepada siapapun untuk melakukan self-healing dan self-counseling. Terapi diri yang terhubung pada kekuatan Ilahi Rabbi.

Allāhumma a’izzanā bithō’atika walā tudzillanā bima’shiyatika. Ya Allah, muliakan kami dengan kataatan kepada-Mu dan jangan hinakan kami dengan kemaksiatan kepada-Mu.
_________

Prodi BKPI STAI Persis Garut membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk belajar dan mendalami self-healing dan self-counseling, menerapi diri sendiri dengan kekuatan Ilahi Rabbi.
__________

https://instagram.com/bkpi_staipigarut?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

https://instagram.com/uptlp_staipi?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

Leave a Comment