Kamis, 29 Juni 2023 M, bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1444 H, Kaprodi BKPI STAI Persis Garut, Dr. Daris Tamin, M.Pd. menjadi imam dan khatib Iedul Adha di lapangan parkir Hotel Savoy Homann Bandung. Penyelenggaraan shalat Iedul Adha rutin diadakan setiap tahun seiring momentum 10 Dzulhijjah oleh manajemen Savoy Homann, hotel monumental karena menjadi bagian dari catatan sejarah Konferensi Asia Afrika.

Pesan utama Iedul Adha yang disampaikan kepada seribuan jamaah yang hadir, Dr. Daris menyampaikan agar setiap orang berusaha mengambil hikmah dari kisah kesantunan Nabi Ibrahim kepada ayahnya yang menolak beriman. Bahkan, ayahnya bertindak kasar dan mengusir Sang Nabi serta tidak mengakuinya lagi sebagai anggota keluarga. Namun, Sang Nabi tetap sabar dan bahkan mendoakan agar ayahnya mendapat hidayah.

Khutbah diakhiri dengan doa agar Allah memberikan kekuatan agar bisa istiqamah dalam meneladani kesantunan Nabi Ibrahim. Selain itu, dipanjatkan juga doa agar semua amal ibadah diterima Allah Ta’ala, terkhusus bagi jamaah haji dan orang-orang yang berqurban di tahun ini.

Leave a Comment