Rabu, 19 Juli 2023, Kaprodi BKPI STAI Persis Garut menyampaikan materi Seminar Parenting di PPI 73 Garogol Pasirwangi Kab. Garut. Acara ini merupakan satu di antara rangkaian agenda awal Tahun Ajaran 2023-2024. Hadir pada acara tersebut, para orang tua siswa, terutama siswa baru dari unit MTs dan MA (Mu’allimin).

Tema yang disampaikan Kaprodi BKPI, Dr. Daris Tamin, M.Pd., terkait upaya kerja sama dalam interaksi antara orang tua (rumah) dengan sekolah/madrasah (guru), dan juga masyarakat untuk mengefektifkan pola pendidikan. Sinergitas tersebut diharapkan menjadi kekuatan besar untuk membimbing siswa yang sedang dalam masa perkembangan.

Secara ekologis, anak-anak akan tumbuh dan berkembang dalam lingkaran mikro, yaitu keluarga dan sebaya. Lalu masuk ke lingkaran messo, yaitu sekolah, tetangga, dan kerabat. Lalu ke lingkaran makro, yaitu budaya, sistem hukum, media, dll. Pada setiap lingkaran, unsur-unsurnya memberikan pengaruh. Demikian dijelaskan Dr. Daris.

Sejumlah data hasil penelitian seputar isu-isu kontemporer pendidikan dan masalah perkembangan juga disajikan. Grafik-grafik merokok, narkoba, pornografi, prostitusi, LGBT, dan sebagainya di kalangan pelajar cukup memantik para orang tua yang hadir untuk bertanya dan memberikan pendapat.

Hadir pada acara seminar tersebut Ustadz Bayanuddin, Mudir PPI 73, yang akrab disapa Ustadz Baya, juga asatidz, dan para musyrif/musyrifah. Acara diskusi dimoderatori oleh Ustadz Ihsan, alumni Prodi Ilmu Hadits STAI Persis Garut.

Pada kesempatan tersebut, Kaprodi tidak melewatkan kesempatan untuk mengenalkan Prodi BKPI dan layanan-layanannya, termasuk UPT Layanan Psikologi. Kaprodi mengajak para pemangku kebijakan dan juga para orang tua untuk memanfaatkan layanan konseling dan psikotes untuk membantu dalam memandu perkembangan anak-anak secara optimal.
_________
https://pmb.staipersisgarut.ac.id

Prodi BKPI STAI Persis Garut mengajak semua kalangan untuk memanfaatkan layanan konseling dan psikotes di Prodi BKPI dan UPT Layanan Psikologi STAI Persis Garut.
__________

Home

https://instagram.com/bkpi_staipigarut?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

https://instagram.com/uptlp_staipi?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

https://www.daristamin.id

Leave a Comment