Rabu, 12 Juli 2023, Kaprodi BKPI STAI Persis Garut, Dr. Daris Tamin, M.Pd. menjadi pemateri pada In House Training yang diselenggarakan oleh manajemen SDTQ dan SMPTQ Al-Misykah Samarang Kab. Garut. IHT ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan bersamaan dengan rangkaian persiapan menyongsong tahun akademik baru.

Materi yang disampaikan tentang pendekatan bimbingan dan konseling untuk anak bermasalah di sekolah dasar dan menengah. Alasan utama yang melatarbelakangi diangkatnya tema tersebut dikarenakan belum adanya guru BK/konselor sekolah yang secara profesional ditugaskan untuk memberikan layanan BK. Upaya minimal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan wawasan bimbingan dan konseling kepada para guru untuk membantu siswa yang bermasalah dalam belajar.

Selain menyampaikan tema utama, Dr. Daris juga menyampaikan materi tambahan tentang strategi komunikasi dan konsultasi dengan guru dan orang tua mengenai anak bermasalah. Materi tambahan tersebut dinilai penting karena tidak jarang masalah anak semakin tidak terselesaikan karena komunikasi yang tidak efektif antara guru/sekolah dengan orang tua.

Di akhir pemaparannya, Dr. Daris berharap agar SDTQ dan SMPTQ Al-Misykah memberikan layanan BK melalui guru BK/konselor pendidikan yang profesional. Apalagi, pada satuan SMPTQ, peserta didik di Al-Misykah diasramakan. Hal ini membutuhkan bekal komunikasi interpersonal bagi para musyrif dan musyrifah dalam melaksanakan tugas pembimbingan.

Ditegaskan oleh Dr. Daris, bahwa Prodi BKPI STAI Persis Garut siap membantu dan bekerja sama demi mewujudkan layanan tersebut. Selain itu, Dr. Daris juga mengenalkan layanan-layanan yang ada di Prodi BKPI STAI Persis Garut, termasuk menginformasikan telah difungsikannya UPT Layanan Psikologi, yang salah satunya layanannya adalah psikotes pendidikan.

Leave a Comment